PT NHM Gelar Rakor Bersama Stakeholder Di 5 Kecamatan Membahas "Good Mining Practices".

HALMAHERA UTARA, sibermalut.com - PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) lakukan Rapat Kordinasi (Rakor) bersama para pemangku kepentingan (stakeholder) di 5 Kecamatan lingkar tambang PT NHM Halmahera Utara (Halut).

Rakor tersebut di laksanakan di PT NHM yang dipimpin oleh wakil presiden direktur, Amiruddin Hasyim, guna membahas "Good Mining Practices" (penerapan kaidah pertambangan yang baik), Rabu (19/04/2023) lalu

Pada awal Rakor itu, Basuki Dwi Priyono dan Dedy Christiawan, Superintendent Eksplorasi menjelaskan betapa pentingnya proses kegiatan pertambangan.

"proses eksplorasi yang dimulai dari kegiatan prospeksi hingga eksplorasi detail sebagai upaya
mencari/menemukan sumber daya dan cadangan di area Wilayah Kontrak Karya NHM," tuturnya

Ia juga mengatakan bahwa sangat pentingnya dukungan penuh dan peran stakeholder termasuk
masyarakat secara umum untuk mendukung keberhasilan proses eksplorasi dalam rangka
memperpanjang umur tambang.

Sementara itu, Superintendent Perencanaan Tambang, Guntur Andayana Putra dalam Rakor tersebut memaparkan proses-proses perencanaan tambang dimulai dari studi kelayakan, pengembangan-konstruksi tambang hingga penambangan. 

"Kami berharap para peserta Rakor memahami
karakteristik bisnis/investasi pertambangan benar-benar berisiko tinggi termasuk risiko padat modal, padat teknologi, risiko kecelakaan kerja dan kesehatan kerja, serta periode pengembalian modal yang lambat (slow yielding) dan juga lingkungan hidup termasuk risiko sosial kemasyarakatan yang kesemuanya perlu pengelolaan khusus sebagaimana diatur dalam Kaidah Pertambangan Yang Baik," ungkapnya

Di kesempatan itu, Amiruddin Hasyim, Wakil Presdir PT NHM, bilang bahwa rakor tersebut juga dimaksud sebagai bagian dari upaya NHM mengkonsolidasikan komunikasi strategis dengan berbagai stakeholder 5 kecamatan lingkar tambang.

"Upaya konsolidasi tersebut antara lain, tahapan program Pengembangan & Pemberdayaan (PPM) pasca Sosialisasi Program PPM NHM Tahun 2023 – 2029, permasalahan Tambang Gotong Royong Gosowong (TGG), NHM Mengajar, HRI Peduli Kesehatan Masyarakat (Kesmas), serta tantangan dan harapan program Bedah Rumah dan alternatif-alternatif inisiatif usaha lokal," terangnya

Amirudin juga berharap PT NHM dapat memberikan manfaat dalam hal penerimaan negara, kesejahteraan karyawan, masyarakat lingkar tambang dan di luar lingkar tambang serta manfaat-manfaat tidak langsung lainnya.

Lebih lanjut orang kedua NHM itu menginginkan kerjasama dan suasana harmoni antara NHM dan stakeholder lingkar tambang perlu tetap ditingkatkan, mengingat berbagai stakeholder internal maupun eksternal memiliki kontribusi penting dalam pengelolaan operasional Tambang Emas Gosowong dalam kedudukannya sebagai OBVITNAS.

Di sela-sela rakor itu, Ketua FKD Malifut, Rido Momou, mengajak para perwakilan yang hadir untuk bersama mendukung program upaya-upaya kesejahteraan masyarakat lingkar tambang sebagai nilai tambah keberadaan kegiatan pertambangan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selain rakor terkait dengan "Good Mining Practices" Rakor tersebut di lakukan guna mempererat hubungan antara stakeholder 5 kecamatan lingkar tambang dengan PTNHM, yang dilanjutkan dengan buka puasa bersama.

Untuk diketahui, Rakor tersebut dihadiri oleh Pengurus Forum Kepala Desa (FKD), Koordinator Wilayah (Korwil) Pendidikan Nasional se-Lingkar Tambang, serta Tim Manajemen Departemen Social Performance (SP) dipimpin langsung Manajer SP Hansed Pitter Lasa, GM Project Generation Basuki Dwi Priyono, Manajer Human Resources Ronny Kasenda, Manajer Asset Protection Handy Torang dan beberapa dari jajaran Superintendent/Supervisor NHM. *** (SM) 

0 Komentar