PTNHM Serahkan Hasil Penanaman Pohon Di Lokasi Rehabilitas DAS 1

Halmahera Utara, sibermalut.com - PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) serahkan hasil penanaman pohon di area rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) 1 Malifut, Kabupaten Halmahera Utara (Halut) Maluku Utara.

Penyerahan tersebut dilaksanakan di kantor pusat Kementrian Kehutanan, hedung manggala wanabakti, Senayan Jakarta pada 01 maret 2023 lalu.

Hasil penanaman di area rehabilitas tersebut diserahkan oleh yang mewakili Presdir PTNHM dan dinterima langsung oleh Direktur Jenderal Pengelolaan DAS & Rehabilitasi Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan (KLHK) Ir. Dyah Murtiningsih.

Kepada media ini, Yudi Agus Susanto, mengungkapkan bahwa rehabilitasi DAS terletak di hutan lindung dan hutan produksi yang berada di lokasi Halmahera Barat dan Halmahera Utara

"Area rehabilitasi DAS yang dilaporkan seluas 1.579,70 Ha pada Kawasan Hutan Lindung dan Kawasan Hutan Produksi yang berada di Kecamatan Kao Teluk, Kabupaten Halmahera Utara dan Kabupaten Halmahera Barat, serta seluas 128,46 Ha pada Areal Penggunaan Lain di Kecamatan Malifut, Kabupaten Halmahera Utara Maluku Utara," ungkapnya via WhatsApp, Senin (17/04/2023)

Hal tersebut dilakukan guna pemenuhan kewajiban IPPKH Nomor SK.311/Menhut-Il/2009 tanggal 29 Mei 2009, Nomor SK.19/Menhut-II/2012 tanggal 20 Januari 2012, dan Nomor SK.20/Menhut-II/2012 tanggal 20 Januari 2012.

Di area rehabilitasi DAS 1 NHM tersebut ditanami beragam tanaman bernilai ekonomis seperti pohon pala, cengkih, durian, rambutan, dan sebagainya.

Selain dilakukan oleh Karyawan PTNHM, Pengembangan area ini juga melibatkan masyarakat sekitar melalui kelompok tani yang bisa langsung mengelola dan memanen hasil tanam, sehingga diharapkan bisa membantu meningkatkan taraf perekonomian masyarakat sambil menjaga lingkungan tetap asri, hijau dan sehat.

Untuk diketahui, hadir pada kegiatan tersebut, Direktur NHM Ir. Yudi Agus Susanto, Manajer Government Relations & Permitting Jeffry Butarbutar, Superintendent Government Relations & Permitting Sukadi Handono serta secara online dihadiri Manajer Environment Bowo Budileksono, Supervisor Reklamasi Agus Zaenal, Superintendent Environment Rosmini Djufry, dan Senior Officer Iksan Kurung. ***(Tim SM)

0 Komentar